Berita Nasional

Aksi Cepat Tanggap Selebritis untuk Korban Banjir

Pinterest LinkedIn Tumblr

Jakarta, Beritasatu.com – Bencana banjir yang mengepung Jakarta dan sekitarnya memakan banyak korban dan kerugian. Atas kejadian ini, para selebriti turut turun tangan untuk membantu para korban di lapangan. Mulai dari evakuasi korban, hingga mengirim bantuan untuk segala yang diperlukan para korban banjir.
Mulai dari pemeran utama Si Doel, Rano Karno yang sigap mengevakuasi ‘Mak Nyak’ atau Aminah Cendrakasih dari rumahnya di daerah Pinang, Tangerang. Proses evakuasi tersebut dilakukan bersama teman-teman Rano Karno yang tergabung dalam tim RK.
“Alhamdulilah jam 00.50 pagi akhirnya Mak Nyak bisa dievakuasi dari rumahnya sekarang sudah ditempatkan di hotel untuk sementara, terima kasih kepada semua tim di lapangan yang sudah kerja keras semoga banjir bisa segera surut. Ayo Indonesia semangat,” tulis Doel dalam video yang ia unggah di Instagram beberapa waktu lalu.
Dalam unggahan lain, Mak Nyak terlihat sudah terbaring nyaman di sebuah kamar hotel. Ia pun menitipkan salam kepada Rano Karno yang telah membantunya pindah dari rumahnya yang terendam air.
“Makasih ya Doel sudah nolongin nenek. Kalau tidak, nenek gak sampe-sampe karena kebanjiran nih,” jelas Mak Nyak dengan logat Betawi yang kental.
Jika Doel berhasil mengevakuasi Mak Nyak, ternyata masih banyak seleb juga berusaha untuk menolong para korban yang masih terjebak di rumahnya yang terendam air. Salah satunya adalah Nikita Mirzani.
Meskipun rumahnya juga kebanjiran, perempuan yang menyebut dirinya ‘Nyai’ itu juga turut terjun langsung membantu korban banjir lain di wilayah Ciledug, Tangerang. Dalam beberapa foto dan video yang ia unggah di Instagram, Nikita membagikan kisah atas pengaamannya membantu korban banjir.
“Baru pertama kali dalam hidup terjun langsung ke tempat daerah yang terkenal banjir, dan melihat secara langsung semua korban. Nyai tidak bisa bilang apa-apa selain sabar, sabar, dan sabar. Tidak ada yang bisa disalahkan. Semua ini salah kita semua. Cuma pesen Nyai, karena sempet ngobrol sedikit sama para korban, mereka bilang tolong nanti kalau mau mengurus surat yang pada kerendem jangan dipersulit. Karena ada ijazah, surat rumah, dan surat penting lainnya yang kelelep. Itu saja sih Pak @aniesbaswedan,” tulisnya.
Diketahui, selain menyumbangkan tenaga, ia juga memberikan sumbangan materi berupa uang tunai senilai Rp 20 juta. Bantuan tersebut dialokasikan untuk kebutuhan para korban banjir.
Kemudian, aktris Jane Shalimar membantu korban banjir dengan ikut serta bekerja di dapur keliling. Ia membantu relawan yang memasak makanan untuk korban banjir. Ia pun mengingatkan, yang terpenting saat ini adalah saling membantu tanpa membeda-bedakan.
“Insyaallah Jumat barokah bersama teman-teman di Darling (Dapur Keliling) @dompetdhuafaorg … ikut ‘ngerecokin’ motong-motong buncis dan lauk pauk lainnya untuk persiapan makan para korban terdampak banjir di lokasi pengungsian. Semangat terus teman-teman relawan yang masih terus berjibaku di titik-titik banjir,” terangnya.
Selanjutnya, mantan penyanyi cilik Tina Toon yang kini menjabat DPRD DKI tentu memiliki tanggung jawab untuk membantu masyarakat. Selain menjadi korban banjir, Tina Toon juga memiliki ketulusan untuk membantu para korban.
Ia pun aktif dalam media sosial untuk membantu berkoordinasi dengan dinas terkait dan membantu mendistrisbusikan makanan dari pintu ke pintu yang dibantu tim lapangannya. Tina Toon melalui tim lapangannya pun membagikan makanan untuk para korban banjir di berbagai wilayah dan diantarkan langsung kepada para korban.
Bila beberapa selebriti di atas telah terjun langsung ke lapangan untuk membantu korban banjir, berbeda dengan Ruben Onsu dan sang istri Sarwendah. Meski tengah liburan bersama keluarganya di Italia, pemilik restoran cepat saji Ayam Geprek Bensu ini juga turut andil membantu meringankan beban korban, dengan membagikan makanan ke posko-posko banjir.
“Saya atas nama keluarga prihatin atas musibah yang terjadi di beberapa wilayah Jakarta dan sekitanya. Tidak banyak yang bisa kami lakukan, semoga bisa sedikit meringankan para pengungsi dan korban banjir. Salam hangat dari The Onsu”, jelasnya.

%d bloggers like this: