Regional

Basarnas Gorontalo Minta Warga Gorut Waspada Cuaca Ekstrem

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kronologi, Gorut – Badan SAR Nasional (Basarnas) Gorontalo meminta mayarakat di Kabupaten Gorontalo Utara untuk mewaspadai cuaca buruk dengan intensitas hujan tinggi yang terjadi di wilayah tersebut.
Kasubsie Operasi dan Siaga Basarnas Gorontalo, Muhammad Rizal, mengatakan, Gorontalo Utara (Gorut) merupakan salah satu wilayah yang paling banyak diguyur hujan.
Apalagi, menurut informasi yang diperoleh dari BMKG Gorontalo, curah hujan akan terus meningkat hingga Maret mendatang.
“Melihat dari titik-titik hujan, yang paling banyak hujan adalah Gorontalo Utara. Jadi kita (Basarnas) banyak fokus di Gorontalo Utara,” kata Muhammad Rizal, Jumat (3/1/2020).

Rizal mengimbau, di setiap tempat wisata terutama wisata air, perlu ada petugas penjaga pantai. Menurutnya, di Gorontalo Utara sangat dibutuhkan mengingat kabupaten itu memiliki banyak destinasi wisata pantai.
Untuk itu, kata Rizal, hal tersebut perlu diperhatikan oleh pemerintah, baik desa maupun kabupaten. Hal itu, menurutnya, sesuai dengan UU No 29 Tahun 2014 tentang pencarian dan pertolongan.
“Di pasal 43 dikatakan bahwa setiap pengelola pariwisata wajib menyiapkan orang yang siap melakukan pertolongan,” ungkap Rizal.
“Kalau seperti di Bali, ada life guardnya, kita ini di Gorontalo adalah daerah pesisir, jadi harus ada penjaga pantainya,” pungkasnya.
Penulis: Yakub
Editor : Zul

BAGIKAN:
Tags: Basarnas GorutCuaca BurukPemda Gorontalo Utara

%d bloggers like this: