Articles

Disney Menutup Tahun 2019 Dengan Pendapatan Box Office yang Fantastis

Pinterest LinkedIn Tumblr

Disney menyelesaikan tahun 2019 dengan total box office yang memecahkan rekor, dan kemungkinan besar, tidak akan pernah terjadi lagi. Disney dikabarkan mendapat pemasukan sebesar $13,2 miliar secara global tahun lalu, yang hampir dua kali lipat rekor sebelumnya untuk sebuah studio dalam satu tahun. Meskipun benar bahwa Disney mungkin akan terus mendominasi di tahun-tahun mendatang, sama sekali tidak masuk akal untuk berharap bahwa mereka dapat  melewati atau mendekati angka ini lagi.

Awal Desember yang lalu Disney menjadi sorotan ketika menjadi studio pertama yang melewati ambang batas $10 miliar di box office dalam satu tahun. Namun, terima kasih kepada Star Wars: The Last Jedi, yang baru-baru ini melampaui angka $800 juta secara global, dan Frozen 2, yang bernilai $1,22 miliar, nilai totalnya menggelembung. Faktor utama lainnya adalah akuisisi Disney atas Fox. Meskipun banyak judul yang diproduksi oleh Fox dan kemudian dirilis oleh Disney, seperti Dark Phoenix ($252,4 juta), Ad Astra ($127,1 juta) dan Stuber ($32,3 juta) namun gagal di tangga box office, mereka semua juga ikut menyumbang untuk 2019 .

Bahkan tanpa Fox pun Disney mampu melampaui $11 miliar, yang tidak dapat dikejar oleh studio lain. Disney memiliki enam film yang mampu melewati $1 miliar, dengan Avengers: Endgame yang menciptakan rekor global baru dengan $2,79, The Lion King ($1,65 miliar), Captain Marvel ($1,1 miliar) dan Aladdin ($1 miliar). Bahkan film “gagal” Disney seperti Dumbo ($353,2 juta) juga menyumbang angka yang lumayan besar. Rekor sebelumnya untuk satu tahun, juga dipegang oleh Disney pada tahun 2016 dengan $7,6 miliar. Pada tahun 2019, Disney membawa $7,3 miliar dari pasar internasional. Mereka jmendapatkan rekor industri baru dengan $3,76 miliar di box office domestik. Angka $13,2 miliar adalah sebuah pencapaian yang sangat mengesankan..

Bagaimanapun, studio lain sedang berjuang untuk menemukan cara untuk bersaing. Studio lain yang berhasil masuk sepuluh besar di box office dunia pada 2019 adalah Universal dengan Hobbs & Shaw ($ 758,9 juta) dan Warner Bros. dengan Joker ($ 1,06 miliar). 
Baca Juga:  Netflix Rilis Sepasang Poster Karakter Marvel’s Iron Fist Season 2

%d bloggers like this: