Regional

Selesaikan Persoalan Lansia, Pemprov Gorontalo Akan Bangun Panti Jompo

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kronologi, Gorontalo – Kepala Seksi Disabilitas dan Lansia Dinas Sosial Provinsi Gorontalo, Yusnandar Karim, mengtatakan, pihaknya akan membangun panti jompo untuk menjadi tempat bagi lansia yang dipulangkan oleh Pemerintah Kota Gorontalo.
“Kita akan rencana untuk membangun panti jompo untuk lansia yang dipulangkan kemarin oleh Pemerintah Kota Gorontalo,” kata Yusnandar kepada reporter Kronologi.id, Jumat (3/1/2020).
Hal itu dilakukan, kata dia, karena kewenangan untuk pengelolaan panti jompo sudah menjadi tanggung jawab oleh pemerintah provinsi, khususnya dinas sosial.
“Kita juga akan melakukan pertemuan dengan Pemerintah Kota Gorontalo untuk memikiran solusi bersama terkait panti tersebut. Karena saat ini Pemerintah Provinsi Gorontalo belum memiliki panti,” ujarnya.
Pertemuan itu, lanjut dia, juga akan membahas terkait apakah panti jompo sementara melalui mekanisme sewa atau tidak.

“Saat ini waktu anggaran sudah berjalan, sehingga pembangunan panti akan membutuhkan waktu, sehingga kita butuh tempat sementara untuk menjadi panti,” tuturnya.
Yusnandar mengatakan, saat ini lansia yang berada di panti tersebut baru 5 orang yang keluar, sehingga masih ada 30 orang lagi. Hal itu, menurutnya, karena ada beberapa yang belum diketahui oleh keluarganya dan juga masih menunggu hasil pembicaraan dengan pemerintah provinsi.
“Pemerintah kota juga sudah memberikan kelonggaran kepada beberapa lansia untuk beberapa bulan ke depan untuk menetap di panti tersebut, sebelum ada solusi terkait pemindahan mereka,” ucapnya.
Dia menambahkan, jika panti itu dipijamkan oleh Pemerintah Kota Gorontalo, maka untuk biaya operasional akan ditanggung oleh pemprov. Pihaknya, lanjut dia, juga sudah bertemu dengan sekretaris daerah untuk membicarakan hal tersebut.
“Tapi tetap semua lansia kita akan perhatikan, dan pasti panti itu kita akan bangun,” tutupnya.
Penulis: Sarjan
Editor : Zul

BAGIKAN:
Tags: Dinas Sosiali Provinsi GorontaloLansiaPanti JompoPemda Kota Gorontalo

%d bloggers like this: